Syarat dan Pendaftaran Bidikmisi ITS Surabaya

Syarat dan Pendaftaran Bidikmisi ITS Surabaya ~ Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI ) Kementerian Pendidikan Nasional sejak tahun 2010 meluncurkan program Bidik Misi untuk memberikan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada 20.000 mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi di 104 perguruan tinggi penyelenggara.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sebagai salah satu perguruan tinggi yang mendapat kesempatan berpartisipasi pada program ini kembali mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK Bidik Misi dengan jumlah kuota 100 orang.

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang benar-benar tidak mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi di bidang akademik. Sekolah yang diberi kesempatan untuk mengikuti program ini adalah Sekolah Menengah Umum (SMU) atau Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan yang mempunyai bidang konsentrasi:
1. Listrik
2. Elektronika
3. Telekomunikasi
4. Teknologi Informasi
5. Mesin

Pendaftaran Bidik Misi, Informasi panduan pendaftaran dan pengumuman hasil dapat diakses melalui website:http://bidikmisi.dikti.go.id. Sementara, berkas kelengkapan dan bukti pendaftaran peserta dikirimkan kepada:

Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Kampus PENS, Jl. Raya ITS Keputih Sukolilo Surabaya. Keterangan:
Panitia telah melakukan pendataan sekolah dan telah mengirimkan undangan, tata cara penerimaan maba jalur BIDIKMISI beserta user name dan password sekolah melalui surat resmi kepada kepala sekolah. Namun demikian, apabila ada sekolah yang berminat dan belum terdaftar, dapat mendaftarkan diri dengan cara mengirimkan surat resmi dan fotocopy akreditasi dari kepala sekolah untuk mendapatkan undangan berserta kelengkapan lainnya kepada :

Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Jl. Raya ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya, 60111.
UP. Panitia PMB Bidik Misi PENS 2013

Syarat Berkas Bidikmisi PENS ITS Surabaya:
  1. Fotokopi KTP
  2. Foto rumah (tampak depan, ruang tamu, dan dapur)
  3. Foto keluarga di depan rumah
  4. Fotokopi Rekening Listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan/ atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang tua/ wali-nya.
  5. Surat Keterangan Penghasilan Orang tua/ wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, (Dikeluarkan oleh Kepala Desa/ Kepala Dusun/ Instansi tempat orang tua bekerja)
  6. Printout bukti pendaftaran online yang telah dilengkapi dengan pas foto berwarna 4x6
  7. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh kepala sekolah.
  8. Surat rekomendasi asli dari kepala sekolah (Download file formulir rekomendasi kepala sekolah)
  9. Surat keterangan peringkat siswa (peringkat tingkat sekolah),
  10. Fotokopi bukti pendukung prestasi lain di bidang akademis dan/ atau non-akademis (Tidak termasuk sertifikat TOEFL)
  11. 11. Fotokopi Kartu Susunan Keluarga (KSK)