Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi UNPAD (Unversitas Padjajaran)

Penerimaan Beasiswa Bidikmisi Uniiversitas Padjajaran ~ Untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi rakyat Indonesia, Unpad kini sedang mencari 500 pelajar yang akan menerima Beasiswa Pendidikan Bagi Calon Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu (Bidikmisi).

“Ini merupakan bagian dari program pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional yang menyediakan dana beasiswa bagi 20.000 calon mahasiswa di berbagai perguruan tinggi negeri seluruh Indonesia. Unpad memperoleh kuota 500 calon mahasiswa, mereka haruslah memiliki prestasi bagus dan berasal dari masyarakat kurang mampu secara ekonomi,” ujar Ketua Unit Pelaksana SMUP, Prof. Dr. Ir. Dadi Suryadi, M.S.

Sebagaimana pernah diberitakan sebelumnya, Depdiknas melalui program Beasiswa Bidik Misi ini tidak hanya memberikan biaya pendidikan per semester namun juga biaya hidup selama penerima beasiswa tersebut menjadi mahasiswa. Syarat mengikuti seleksi Bidik Misi adalah pelajar SMA / SMK / MA / MAK atau sederajat yang dijadwalkan lulus pada tahun 2010, berprestasi, dan berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Calon mahasiswa harus lulus Ujian Nasional 2010, jika gagal maka kelulusannya sebagai penerima beasiswa akan dibatalkan.


Prestasi yang akan dinilai adalah prestasi akademik, minimal berada di peringkat 25% terbaik di kelas. Jadi jika di kelas ada 40 siswa maka yang bersangkutan harus berada dalam peringkat 10 Besar. Prestasi ko-kulikuler dan /atau ekstra kurikuler yang diakui minimal peringkat ke-3 tingkat Kabupaten / Kota yang diketahui oleh Kepala Sekolah atau Pimpinan Unit Pendidikan Masyarakat Kabupaten / Kota, serta harus sesuai dengan program studi yang akan dipilih di Unpad.

“Peminat Beasiswa Bidik Misi dapat mendaftarkan diri secara kolektif melalui sekolah atau mendaftarkan diri secara individu namun tetap melampirkan surat keterangan dari pihak sekolah. Surat permohonan dapat diunduh di website http://smup.unpad.ac.id pada bagian Bidik Misi. Setelah itu, pihak Unpad akan mengirimkan personal identification number (PIN) ke alamat pemohon,” jelas Prof. Dadi Suryadi.

Surat permohonan dapat dikirim melalui faks ke 022-2503278, e-mail bidikmisi@unpad.ac.id, atau melalui pos ke PO Box 6776 BDCP Bandung 40141. PIN yang nanti diperoleh, jelas Prof. Dadi lagi, digunakan untuk melakukan proses pendaftaran selanjutnya melalui website Unpad karena proses pendaftaran memang dilakukan secaraonline.

Pemohon Beasiswa Bidik Misi yang mendaftar ke Unpad memperoleh kesempatan memilih 5 program studi. Bila tidak lolos pada pilihan pertama, mereka akan diarahkan ke pilihan kedua. Jika tidak lolos juga pada pilihan kedua, akan diarahkan pada pilihan ketiga, begitu seterusnya. Informasi detail tentang Bidik Misi dapat dilihat di website http://smup.unpad.ac.id atau bisa menghubungi call center (022) 253-3737.