Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi UNS Surakarta

Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi UNS Suarakarta ~ Untuk melamar Bidikmisi, seseorang harus merupakan siswa SMA/sederajat yang akan lulus pada 2014 atau merupakan lulusan di 2013 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi. Usia maksimal pendaftar adalah 21 tahun.

Ketentuan tidak mampu secara ekonomi adalah siswa yang pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3 juta per bulan. Pendapatan ini meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh.

Sementara bagi orangtua/wali yang bekerja nonformal/informal, maka ini berarti rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir. Syarat tidak mampu lainnya, pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750 ribu setiap bulannya.

Pelamar harus memiliki potensi akademik baik, sesuai rekomendasi dari sekolah. Selain itu, pendidikan orangtua/wali pelamar setinggi-tingginya S-1 atau Diploma 4.


Sebagai pendaftar Bidikmisi, siswa dapat memilih salah satu diantara perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS). Syaratnya, PTN yang dipilih merupakan peserta Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau satu PTN pada seleksi mandiri. Sedangkan PTS yang dipilih hanya satu instansi.

Menurut Rektor UNS, pendaftaran penerima beasiswa Bidikmisi bukanlah jalur penerimaan mahasiswa baru, tetapi merupakan pelayanan pemerintah dalam bidang pendidikan perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang pandai yang berasal dari masyarakat tidak mampu.

Berdasarkan perkembangan mahasiswa peraih beasiswa Bidikmisi di UNS, memasuki tahun ketiga ternyata cukup mengggembirakan dengan capaian prestasi yang dibukukan mahasiswa. Nilai rata-rata berkisar 3, bahkan tidak sedikit yang nilai 4.

Pendaftaran Bidik Misi UNS jalur Diploma merupakan jalur Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi dapat dijelaskan sbb.
  1. Direkomendasikan oleh sekolah di halaman bidikmisi.dikti.go.id
  2. Melakukan aktivasi dengan mendaftar Login di Bidikmisi.dikti.go.id
  3. Peserta akan mendapatkan No Pendaftaran Bidik Misi
  4. Peserta memenuhi syarat di UNS, yaitu Diterima di Diploma atau Undangan atau SNMPTN atau mempunyai Kartu Tanda Peserta Diploma Gel.2
  5. Peserta mengisi berkas Pendaftaran Online UNS di halaman http://spmb.uns.ac.id/bidikmisi
  6. Peserta mencetak hasil pengisian Borang
  7. Peserta mengirim berkas persyaratan ke UNS yang meliputi

  • Cetakan dari Aplikasi Online UNS
  • Berkas Cetakan Dikti
  • Foto Rumah Tampak Depan
  • Kartu Keluarga
  • Surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan
  • Struk Pembayaran Listrik (PLN) Bulan terakhir