Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP 2014 (Universitas Diponegoro)


Jalur Seleksi Pendaftaran Undip Melalui SNMPTN, SBMPTN, Mandiri –UNDIP th2014 di perkirakan akan menerapkan 3 Jalur Masuk meliputi : SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. 

1. Seleksi Masuk Program Strata 1 (S1) Undip Tahun 2014
Penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro tahun 2014 didasarkan pada:
  • Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
  • UU no 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
Berdasarkan peraturan diatas maka proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2014 akan diatur melaluiseleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.
Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2014 adalah sebagai berikut:

Seleksi nasional ini diselenggarakan dibawah tanggung Jawab langsung Pemerintah (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2014 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2014 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2014 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

b. Seleksi Bentuk lain dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia
Seleksi Bentuk Lain ini adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka sekitar  bulan Mei 2014. Seleksi ini dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Untuk mengikuti ini seleksi ini biaya pendaftaran ditanggung peserta seleksi.

c. Seleksi secara Mandiri.
Seleksi ini adalah yang khusus dilakukan oleh Universitas Diponegoro dibawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro. Biaya Pendaftaran untuk seleksi mandiri Undip ditanggung oleh peserta seleksi. Jalur seleksi mandiri untuk tahun 2014 hanya Jalur UM (Ujian Mandiri). jalur ujian mandiri adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai sekitar bulan Juli 2014. Informasi pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id . Untuk tahun 2014 jalur mandiri PSSB Kemitraan tidak dibuka lagi.

2.  Seleksi Masuk Program Diploma III (D-III) Undip tahun 2014
Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2013 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:
  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 2 Januari 2014 sampai dengan 28 Februari 2014 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
  2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli 2014. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site :http://um.undip.ac.id
3.  Seleksi Masuk Program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip
Untuk seleksi masuk ke program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip tahun 2014 dilakukan secara mandiri melalui Jalur Ujian Mandiri Pascasarjana 2014.

Dan untuk Fakultas Teknik juga bisa melalui PT.PLN Persero
Fakultas Teknik Universitas Diponegoro bekerjasama dengan PT. PLN (Persero) memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA jurusan IPA atau yang sederajat dan SMK yang sesuai jurusan untuk melanjutkan studi di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Ujian Masuk ini akan diselenggarakan secara terpadu di sistem pendaftaran UM yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro.

Program kerjasama ini diselenggarakan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Program pendidikan jenjang Diploma III dengan pilihan program studi Teknik Elektro (akan menangani sistem kontrol, distribusi, transmisi, gardu induk, dll). Jumlah mahasiswa yang diterima 25 orang.
  2. Pendidikan dilaksanakan maksimal 7 semester dengan sistem gugur, evaluasi dilaksanakan secara periodik.
  3. Bagi mahasiswa yang tidak lulus evaluasi dinyatakan gugur haknya sebagai mahasiswa program kerjasama dan dapat disertakan di kelas/perkuliahan reguler dengan ketentuan tidak ada pengembalian biaya pendidikan yang telah dibayarkan.
  4. Mahasiswa wajib melaksanakan praktek kerja (OJT) di instalasi milik PT. PLN (Persero) maksimal selama 6 bulan dengan memperoleh uang saku Rp.850.000,- per bulan.
  5. Biaya seluruh program pendidikan ditanggung oleh mahasiswa.
  6. Diberikan Beasiswa dan bantuan penyusunan Tugas Akhir untuk Mahasiswa berprestasi.
  7. Mahasiswa program ini setelah lulus pendidikan, langsung DITERIMA SEBAGAI PEGAWAI PT.PLN (Persero) dengan jabatan Junior Engineer / Operator di seluruh unit PT. PLN seluruh indonesia setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PT. PLN (Lolos tes kesehatan, IPK lebih besar atau sama dengan 2,75 dan lain-lain) serta menjalani Diklat Prajabatan.
Pendaftaran Program D3 Kerjasama PT PLN dengan Fakultas Teknik UNDIP Semester Gasal TA 2014/2015 akan dilakukan pada :
  • Pengambilan No Registrasi / PIN tgl 3 Maret - 21 Maret 2014
  • Pembayaran biaya pendaftaran tgl 3 Maret - 21 Maret 2014
  • Pengisian formulir / isi biodata tgl 3 Maret - 21 Maret 2014
  • Pencetakan kartu peserta ujian tgl 3 Maret - 21 Maret 2014
  • Pengumuman test tgl 3 April 2014