UNSOED sediakan 1.630 kursi Di Jalur SNMPTN

SNMPTN Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman) - Tahun 2014 ini, 50 persen penerimaan mahasiswa baru di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Pada seleksi akademik itu, Unsoed menyediakan 1.630 kursi untuk diperebutkan oleh para siswa SMA/sederajat.

Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Humas Panitia SNMPTN UNSOED, Dr. Wisnu Widjanarko. “Kursi yang diperebutkan melalui jalur SNMPTN atau seleksi berbasis penjaringan prestasi akademik adalah 50 % dari daya tampung program studi S1“, ungkapnya.

Dijelaskannya, untuk kelompok bidang studi IPA tersedia 1.000 kursi yang meliputi Agroteknologi (125), Agribisnis (45), llmu & Teknologi Pangan (40) dan Teknik Pertanian (30) di Fakultas Pertanian. Selanjutnya, Fakultas Biologi (75) serta Fakultas Peternakan (125) dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan yang menyediakan 255 kursi yang terdiri dari Kedokteran (50), Kesehatan Masyarakat (55), Keperawatan (45), Farmasi (40), Kedokteran Gigi (20), Ilmu Gizi (25) serta Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (20).

Untuk Fakultas Sains dan Teknik, pada tahun ini menyiapkan 305 kursi yang dialokasikan untuk Kimia, Matematika dan Fisika masing-masing 30 kursi, Teknik Elektro dan Teknik Sipil masing-masing 40 kursi, Teknik Geologi dan Teknik Informatika masing-masing 30 kursi, serta Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan dan Ilmu Kelautan yang tiap-tiap program studinya menjatahkan 25 kursi.


Sedangkan untuk kelompok bidang studi IPS, setidaknya 630 kursi yang disiapkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyediakan 205 kursi yang terdistribusikan secara merata masing-masing 60 untuk Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi serta 25 kursi pada Pendidikan Ekonomi. Fakultas Hukum (125) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyiapkan 300 kursi yang terdiri dari Sosiologi (50), Ilmu Administrasi Negara (30), Ilmu Komunikasi (40), Ilmu Politik (30), Hubungan Internasional (25), Sastra Inggris (30), Sastra Jepang (30), Sastra Indonesia (40), serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (25).

Sehingga, 50 persen kuota sisanya akan diperebutkan oleh dua jalur lainnya. Seleksi nasional berbasis ujian tulis atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memiliki kuota 30 persen dan 20 persen lagi melalui seleksi mandiri.

Bagi calon peserta SNMPTN, yakni siswa kelas terakhir di sekolah/madrasah pada tahun ini, untuk memastikan dirinya tercatat di pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS), sebelum mendaftar pada 17 Februari 2014 secara online di www.snmptn.ac.id.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagi yang hendak mendaftar ke Unsoed, untuk membuka laman http://spmb.unsoed.ac.id. Hal tersebut untuk mengakses informasi terkait ketentuan yang berlaku dalam proses penerimaan mahasiswa di Unsoed, termasuk informasi daya tampung dan biaya perkuliahan.