Jadwal dan Cara Mendaftar SNMPTN 2014

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. Pada tahun 2014 ini pemerintah masih tetap menyelenggarakan SNMPTN untuk masuk ke PTN di Indonesia. Bagi para siswa SMA/MA/MAK/SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, SNMPTN merupakan salah satu cara untuk masuk ke PTN, seperti UPI, UGM, UNNES, UNDIP, UIN, UNY, UNS, UNIBRAW, UM, UNSRI, UI, dan sebagainya.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik berminat melanjutkan studi ke perguruan tinggi (PTN) dengan tidak memandang dari segi agama, suku, ras, gender, kedudukan sosial, dan bahkan kondisi ekonomi calon mahasiswa. Selain itu, program SNMPTN juga bertujuan untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang terbaik melalui seleksi.



SNMPTN merupakan kesempatan bagus bagi siswa berprestasi yang ingin melanjutkan ke PTN. Pasalnya, calon mahasiswa baru dapat diterima secara langsung tanpa harus mengikuti tes via SNMPTN jalur undangan. Tahun 2013, SNMPTN hanya dibuka melalui jalur undangan, tidak ada jalur tulis. Untuk tahun 2014 sepertinya juga sama, hanya dibuka via jalur undangan. Adapun untuk biaya seleksinya ditanggung pemerintah alias gratis.

Jadwal SNMPTN 2014

Pengisian PDSS dapat dilakukan pada tanggal 6 Januari hingga 6 Maret 2014 dan selanjutnya diisi secara bertahap tiap akhir semester. Adapun untuk pendaftaran dibuka dari 17 Februari sampai 31 Maret 2014. Untuk proses seleksi akan dilakukan pada 1 April sampai 26 Mei 2014. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 27 Mei 2014. Untuk yang lolos seleksi, daftar ulang di PTN terkait tanggal 17 Juni 2014, bersamaan dengan penyelenggaraan ujian tulis SBMPTN 2014.

Ketentuan SNMPTN 2014

Persyaratan Sekolah
  • SMA/MA/MAK/SMK baik negeri maupun swasta, mencakup sekolah RI yang di luar negeri yang telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).
  • Telah mengisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).

Persyaratan Pelamar
Siswa SMA/MA/MAK/SMK kelas terakhir yang pada tahun 2014:
  • mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014,
  • mempunyai NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang telah terdaftar di PDSS,
  • mempunyai nilai rapor semester 1-5 (sampai semester 7 untuk SMK/MAK 4 tahun) yang telah diisikan di PDSS.

Penerimaan
Pelamar yang diterima adalah yang lulus UN dan Satuan Pendidikan, lulus seleksi SNMPTN 2014, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi syarat yang berlaku pada tiap-tiap PTN penerima.

Tata Cara Mengikuti SNMPTN 2014

Ada 2 tahapan dalam tata cara mengikuti SNMPTN 2014, antara lain pengisian PDSS yang dilakukan oleh pihak sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan pendaftaran.

Pengisian dan Verifikasi PDSS
  1. Kepala Sekolah melakukan pengisian data sekolah dan siswa via http://pdss.snmptn.ac.id/.
  2. Kepala Sekolah akan mendapatkan kata sandi (password) yang nantinya akan digunakan oleh masing-masing siswa untuk verifikasi data.
  3. Siswa melakukan verifikasi nilai rapor yang diisikan oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan dengan NISN dan kata sandi dari Kepala Sekolah.
  4. Siswa yang tidak melakukan verifikasi maka nilai rapor yang diisikan Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diganti hingga berakhirnya waktu verifikasi.

Pendaftaran SNMPTN
  1. Siswa pelamar login ke http://www.snmptn.ac.id/ menggunakan NISN dan kata sandi yang telah diberikan oleh Kepala Sekolah untuk melakukan pendaftaran.
  2. Pelamar melakukan pengisian biodata, memilih PTN, memilih prodi (program studi), dan mengunggah pas foto resmi yang terbaru serta dokumen prestasi tambahan (bila ada). Pelamar harus tahu dan paham ketentuan-ketentuan yang berlaku pada Perguruan Tinggi Negeri yang hendak dipilih.
  3. Bagi pelamar prodi seni dan keolahragaan harus menyertakan dokumen atau portofolio bukti keterampilan yang diisikan oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa dengan menggunakan pedoman yang bisa didapatkan via laman http://www.snmptn.ac.id/.
  4. Pelamar mencetak kartu bukti pendaftaran sebagai bukti mengikuti SNMPTN.

Bagi sekolah dan/atau pelamar yang mengalami kendala akses internet, pengisian PDSS dan pendaftaran bisa dilakukan di Kantor Pos online dan/atau Plasa Telkom di seluruh Indonesia.

Prinsip Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  • mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor, prestasi-prestasi akademik lainnya, dan hasil ujian nasional,
  • memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah,
  • menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara objektif, adil, dan akuntabel; sehingga daya tampung PTN tidak harus dipenuhi. Mekanisme Seleksi
Seleksi dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut:
  • Siswa pelamar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Itulah sedikit informasi tentang cara pendaftaran SNMPTN 2014. Bagi yang berasal dari keluarga kurang mampu, bisa dengan mengikuti program beasiswa bidikmisi agar bisa kuliah gratis.Terimakasih atas kunjungannya. Semoga cara pendaftaran ini berguna bagi anda.