SNMPTN dan SBMPTN ITB ~ Ketentuan Pendaftaran ITB Bandung

ITB mengikuti SNMPTN 2014 dan SBMPTN 2014 untuk menerima mahasiswa baru program sarjana tahun 2014 di semua Fakultas dan Sekolah di ITB. Selain dari pelaksanaan SNMPTN 2014 dan SBMPTN 2014 tersebut, ITB tidak menerima mahasiswa baru program sarjana melalui jalur seleksi lain.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 merupakan sistem ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara nasional, oleh sebuah panitia terpusat yang ditunjuk oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI).Tujuan pelaksanaan SBMPTN adalah untuk memilih calon mahasiswa baru yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Ujian tertulis yang diselenggarakan dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 akan dilaksanakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama, dengan soal yang sama di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut. Tempat ujian tidak menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi dan penentuan kelulusan seorang calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang dipilihnya.

Pada tahun 2014, ITB menawarkan semua Fakultas/Sekolah melalui SBMPTN.Khusus bagi para peserta SBMPTN yang memilih FSRD, diharuskan untuk mengikuti Ujian Keterampilan (UJK) Seni Rupa. Khusus bagi peminat FSRD, diharuskan untuk mengikuti Ujian Keterampilan yang dilaksanakan setelah pelaksanaan ujian tertulis. Peserta Ujian Keterampilan dapat mengikuti ujian di PTN yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan atau PTN terdekat dari tempat pendaftaran peserta yang memiliki program studi yang mempersyaratkan Ujian Keterampilan sesuai dengan pilihan peserta.
Saat ini, ITB memiliki 2 lokasi kampus, yaitu di Bandung (jl. Ganesa no. 10 Bandung) dan Jatinangor (jl. Winaya Mukti no. 1 Jatinangor).Kedua kampus ini telah siap untuk mendukung kegiatan perkuliahan para mahasiswa ITB.

Hingga saat ini, sebagian besar mahasiswa ITB masih melaksanakan kegiatan perkuliahan di Kampus ITB Ganesa. Untuk program studi yang baru, yaitu Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan,Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, dan Kewirausahaan,pada tahun kedua akan melaksanakan aktivitas perkuliahan di Kampus ITB Jatinangor. Pada pelaksanaan SBMPTN 2014, tempat ujian tidak merupakan kriteria penerimaan, sehingga peserta ujian tidak perlu mengikuti ujian di tempat program studi atau Perguruan Tinggi Negeri yang menjadi pilihannya. Peserta dapat memilih lokasi ujian yang dikehendaki.

Tata cara pendaftaran peserta dan informasi pelaksanaan ujian tulis serta ujian keterampilan SBMPTN 2014 dapat diperoleh di laman resmi SBMPTN 2014. Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2014

Program Studi yang ada di setiap Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi Kelompok SAINTEK dan Program Studi Kelompok SOSHUM.Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu:
  • Kelompok ujian SAINTEK dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi SAINTEK,
  • Kelompok ujian SOSHUM dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi SOSHUM, dan
  • Kelompok ujian CAMPURAN dapat memilih sebanyak-banyak 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok SAINTEK dan kelompok program studi kelompok SOSHUM.


Ketentuan yang berlaku pada pemilihan program studi SBMPTN 2014 adalah sebagai berikut :
  • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun.
  • Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
  • Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung tahun 2014, dan jumlah peminat program studi tahun 2013 dapat dilihat di laman http://sbmptn.or.id.


Materi yang akan diujikan pada pelaksanaan SBMPTN 2014 adalah sebagai berikut:

Ujian Tertulis SBMPTN
  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.


Ujian Keterampilan SBMPTN
  • Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://sbmptn.or.id.

Jadwal pelaksanaan ujian SBMPTN 2014 dapat diperoleh di laman resmi panitia SBMPTN 2014 (http://sbmptn.or.id).