Tips dan Kunci Sukses Lulus SBMPTN 2014

Sedikit tips dan Kunci Sukses dalam mengikuti SBMPTN di tahun ini. Ini tulisan dan cerita dari teman-teman kalian yang bernama Nadia Aliyatul Izzah. Yuck mari simak tulisan tips sukses SBMPTN dan ceritanya. Baca sampai bawah pasti bisa paham.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. kalo dulu namanya SNMPTN tulis, setelah di aqiqoh ulang, namanya berubah jadi SBMPTN. Ini bukan seleksi biasa nih. Ini seleksi yang nggak biasa. Soal-soalnya pun didesain sedemikian rupa dengan bobot kesulitan yang.....ruarrrr biasa. Njiiirrr. Sumpe dah gue gak boong, soal-soalnya bener bener kurang ajar. Kalo lo bilang soal UN susah, nah...SBMPTN ini beratus ratus kali lebih susah. Pokok intinya kalo kata tentor-tentor LBB yang biasa promo di sekolah, tujuan pembuat soal SBMPTN adalah satu, supaya nggak ada satupun yang berhasil lolos masuk PTN. Ya faktanya emang dari sekian ratus ribu peserta pendaftar SBMPTN, nggak sampe seperempatnya kan yang bisa lolos. Mampoooos :3 :4 :5 gue ketar ketir.

ada waktu itu pejabat tinggi pemerintah di internet bilang, 'nggak masuk PTN bukan akhir dunia kok, masih ada PTS'. Ajigileeee, pingin gua urapin mukanya pake sambel. Oke, emang bukan akhir dunia....tapi rasanya kaya dicemplungin ke api neraka. Nyiksa iya nyiksa. Padahal yang lagi nulis ini pun belom pernah (dan nggak mau) ngerasain panasnya api neraka. kenyataannya kalo swasta itu bukan cuma 'ngerogoh' tapi juga 'ngebor' kocek lebih dalam. Yaa nggak masalah sih buat yang tajir. Tapi buat gue, dipikir duit tinggal metik di pohon apa ya -- (gile bahasaku kok 'loe-gue'an gini, berasa anak jekardah aja)



ketika kamu udah narget buat masuk universitas A, yaudah gedein usahamu, jangan terlalu dipikirlah omongan orang yang ngerendahin kamu-mbak sasa aku memang belom pernah ngerasain rasanya tes SBMPTN. Dan ngarepnya ya jangan sampe lah... Pfftt amiiinnn.. ya Allah amiiin... al fatehah.

berdasarkan pengalaman kakak-kakak kelas soal kedukaan yang dialami sebelum, sewaktu dan sesudah SBMPTN. Maka muncullah inspirasi buat bikin postingan ini. Kebetulan inspirasinya muncul pas yang lagi belajar soal SBMPTN....anu...udah kelas 12 soalnya. Iyaaa, soalnya susah :(

Pertama ngerjakan rasanya kudu nangis gitu, katanya SBMPTN itu dasar dasarnya, lahhh....kalo aku nggak bisa ngerjain, berarti dasar dasarnya pun aku belom bener bener ngerti. Trus di sekolah selama ini aku belajar apa? Sediiih

kelas 12 adalah masa dimana ketika kamu tidur, sainganmu yang lain justru lagi giat belajar. Aduh.

oke. berikut ini adalah tips-tips sukses SBMPTN racikan saya dari hasil googling kesana kemari dan dari cerita-cerita mereka yang sudah mengalaminya. Check it out!

Jangan terlalu ngarepin SNMPTN -zenius
dan kalo dipikir pikir sih iya. Jujur yang nulis ini pun nggak bisa ngarep banyak dari hasil SNMPTN. nilai pas pasan, dan PTN yang dituju juga tinggi banget. Pesimis nih...aaah tapi sah sah aja buat tetep ngarep. Yes, miracle does happen.

Jangan mikir hal hal nggak penting, fokus SBMPTN aja. Kalo dasarmu nggak mateng, mampus kamu -mas eggy
yes. Dan ketika kamu nanti, semisal kurang beruntung di SNMPTN, mau nggak mau kamu bakal kelempar ke SBMPTN. Dan seperti yang kita tau sendiri, SBMPTN itu nggak akan pernah jadi jalan mulus.....(kalo nggak percaya sana download sendiri soal SBMPTN tahun kemaren dan rasakan sensasinya), maka yang perlu kamu lakuin adalah siap amunisi dari sekarang. Sedia payung sebelum hujan. Jaga jaga kemungkinan terburuk. Kalo kamu ngerasa sbmptn itu susah (emang susah), jadi ya kudu belajar dari sekarang emang. Ayolaaah mumpung masih ada waktu lo.
Belajarlahhhh!!! -mas dandy

Setiap hari coba deh diusahakan setiap hari buat ngerjakan soal soal. Awalnya emang susah, nanti pasti lama kelamaan bakal mudeng. Kalo perlu kerjakan soal SBMPTN -mbak sasa
sering sering latihan soal. Biar ndak kaget. Ya walau pertama kali ngerjakan latihan soal SBMPTN juga udah kaget duluan. pengalaman nih, awal ngerjakan susah banget. Bingung mau pake rumus apa, bingung, konsepnya aja sek nggak ngerti. Berulang kali ngerjain, tetep aja salah. Kadang sampe sebel sebel sendiri kenapa tiap ngerjain nggak pernah bener. Akhirnya ngerjainnya sambil buka buku, buka internet, sama liat pembahasan, nggak papa kok, nanti lama lama pasti paham. karena mau nggak mau kamu dituntut untuk harus paham. Nanti begitu ngerjain soal lain yang formatnya sama, atau pas diterangin sama temen atau tentor LBB, kita pasti bakal nggumam sendiri....ooooh ngene tho karepe soal iki.

Kurangi on di sosial media, sinau'o! -rangga.
Jangan sering on sosmed, berdasarkan pengalaman itu ngeganggu banget -mbak sasa
boleh kok tetep on, tapi nggak mengurangi jatah belajar. Belajar terus terusan juga jenuh kalii....ya sekali kali buka socmed buat cuci mata nggak papalah. Di masa sekarang, ketika gadget gadget canggih bertebaran (tukang bakso yang biasa lewat depan rumah itu hapenya ternyata luwih cuanggih ketimbang hapeku), keinginan on socmed pasti jadi cobaan yang berat. Ini terjadi kepada penulis sendiri.

Kalo orang lain belajarnya sehari 2 jam, kamu harus bisa lebih dari itu. Juara itu berusaha lebih keras dari yang lain -mbak dwi
kamu bakal dapet hal yang biasa, kalo kamu ngelakuin hal yang sama kaya orang kebanyakan. Tapi kalo kamu ngelakuin hal yang lebih dari biasa, kamu bakal dapet apa yang nggak orang kebanyakan dapet. Gitu.

kalo pengen jadi orang rata-rata, ya tinggal ikut arus. Kalo pengen jadi orang diatas rata-rata ya ikut arus dan modifikasi. Kalo pengen jadi orang yang lebih baik dari yang diatas rata-rata, harus berani nentang arus -kak hamzah
SBMPTN itu dasar-dasarnya.
Kalo kamu dasarnya aja masih ngambang nggak jelas, gimana mau bisa ngerjakan? Ngerti dasarnya. Diulangi : NGERTI DASARNYA.
Berdasarkan yang penulis alami sendiri, ketika kamu menghadapi soal SBMPTN hal pertama yang kamu lakuin adalah pahami soalnya. Ya pokok setelah ngerti dasarnya, yang paling penting kamu paham yang dimaksud soal itu apa, baru deh bisa ngerjain.
Jangan pernah sekalipun nyoba ngafalin rumus, bisa hancur kamu -bu puspo

Jangan asal ngisi!-mbak tentor lbb
ini nih yang penting juga. Skoring SBMPTN nggak kaya UN, kalo UN, salah sama nggak diisi nilainya sama sama nol. Jadi nggak masalah lah kalo ada yang diisi hasil goblok goblokan. Tapi SBMPTN beda lagi coy! skoringnya kaya olimpiade gitu. Benar 4, salah -1, tidak dijawab 0. Ya kali kalo bener bener nggak bisa mending dikosongin aja. Mending juga nilai 0 ketimbang dapet - (re: minus). Jadi butuh strategi, butuh perhitungan. Kalo mau masuk ptn A jurusan X, minimal kudu ngisi berapa dan ngosongin berapa, dengan catatan yg diisi ini jawabannya bener, bukan hasil karangan.

Pinter pinter ngeliat peluang -pak tino
yang ikut SBMPTN itu nggak sedikit. Banyak. Ada angkatan angkatan diatas kita yang nyoba peruntungan lagi di SBMPTN. Mungkin karena tahun kemaren belum beruntung, atau karena ngerasa nggak puas atau nggak cocok sama jurusannya yang sekarang. Dan itu menandakan kalo untuk masuk suatu PTN elo harus bersaing sama berpuluh puluh ribu orang yang punya mimpi yang sama kaya elo. Maka pintarlah untuk mencari peluang, guys. Misal dengan cari jurusan yang peminatnya nggak begitu banyak, karena otomatis itu bakal ngebuat peluang keterima jadi lebih gede.

Pilihan pertama mimpimu, pilihan kedua cari aman -rangga.
Passing grade tinggi nggak menentukan kesuksesanmu. dipikir baik baik. Sesuaikan sama minat. jangan sampe salah pilih. Jangan mentingin gengsi dan jangan ikut ikutan. Nanti yang ngejalanin kuliah itu kamu, bukan orang tuamu, bukan juga temenmu -zenius
Oom alfian pernah cerita soal anak salah seorang sahabatnya. dia diminta orang tuanya buat kuliah di geologi di sebuah universitas di jogja. Dia masuk memang, tapi passion dia nggak disitu. Jadinya tanpa sepengetahuan orang tuanya, pas tahun kedua, dia ikut tes masuk PTN lagi dan berhasil keterima di kedokteran di sebuah universitas di surabaya. nggak tahu tuh gimana ceritanya dia ngejalanin dua jurusan, tapi akhirnya yang geologi ditinggal. Oom bilang, aku nggak boleh jadi anak yang kaya gitu. Hmmm.

waktu itu temen pernah nanya, ketika kita milih jurusan kuliah, kita harus ngikuti apa? passion kita atau prospek kerja? Dan menurutku pribadi adalah passion. soalnya seberat apapun nanti, kalo itu passionmu, kamu bakal tetep ngelakuin dengan senang hati. Dan dari sana, kamu bisa nyiptain prospek kerja. Bayangin kalo suatu jurusan yang digadang gadang punya prospek kerja bagus, tapi kamu nggak ada passion sedikitpun, pasti susah nanti. Karena menurutku, kamulah yang nanti bakal nentuin prospek kerjamu.

Misal nih, arsitektur, katanya susah cari kerja. Kalopun dapet kerja paling ya jadi drafter. Atau malah kerja di tempat yang nggak sesuai sama apa yang udah dia pelajarin. Tapi ternyata, kata kakaknya Rangga, belum tentu ujungnya gitu. tergantung orangnya. kalo orangnya 'canggih', walau masih di semester 5, dia pasti udah dipercaya megang proyek besar. Nah, sama aja, kalo udah lulus, ipk bagus, tapi nggak siap kerja, ya mana bisa dapet proyek kaya temennya kakaknya Rangga itu? Karena semua kembali kepada pribadi masing masing. jadi, tentukan pilihanmu, sekarang!

Penting nih, jangan lupa ibadahnya digiatin.
Dhuha sama sholat malemnya dirutinin. Minta dimudahan jalannya sama Allah, dibukakan mata hati sama pikirannya. Allah maha baik, insyaAllah pasti dikasih deh. Allah maha mengetahui apa apa yang baik dan apa apa yang buruk bagimu.
tapi sama aja, jangan ibadah mulu yg digiatin, usahanya juga digedein.
Hardworks always pay off. Trust me.

Waktu senggang gunain buat nyicil belajar.
Kaya misalnya pas liburan gini. Nggak bakal setiap bulan kamu dapet libur 2 minggu gini. Maka, manfaatkan buat nyicil belajar. Soalnya begitu udah masuk hari efektif lagi, waktu belajarmu nggak bakal bisa sebanyak ini. Tapi ya namanya juga liburan, jangan di forsir buat belajar mulu. Isilah dengan refreshing. Misal dengan tidur atau ngerjakan tugas lukisan kaca buat ujian praktek (cieee curhat ciee). ada gunanya lo nyicil dari sekarang, seenggaknya disaat saat terakhir kamu nggak akan gopoh ngereview banyak materi.
dicicil dari sekarang, biar nanti nggak serabutan -mas katel
ketika kamu siap SBMPTN, otomatis kamu bakal siap UN juga -zenius

Pola pikir.
ini juga nih. Mindset kamu soal SBMPTN kudu dirubah. selama ini kita pasti udah mikir jelek jelek nih soal SBMPTN (penulisnya juga mikir begitu soalnya), yang mikir SBMPTN susah lah ini lah itu lah... memang pada kenyataannya demikian. Tapi....jangan dijadikan halangan, tapi kudu dijadikan batu loncatan #tsahh. Pertama dengan ubah mindset kita.
Waktu pekan UAS kemaren, aku kan bedagang buat belajar fisika sama sensei Amer via WA (weee sensei jare). Itu udah dini hari banget waktu amer nanya, "nah gimana nad? mudeng wes?"
"sekarang sih iya mer, tapi ntar pas ujian lupa lagi haha". Gile balesanku pasrah gitu pas ditanyain.
"ikutin omonganku nad, FISIKA GAMPANG!". gampang? apa? gampaanggg?
"iya mer! FISIKA GAMPANG!"
"FISIKA GAMPANG!"
"YA! FISIKA GAMPANG!"
"bilango, YAKIN BISA!"
"FISIKA GAMPANG! YAKIN BISA!"
"FISIKA GAMPANG! AKU CINTA FISIKA!"
"FISIKA GAMPANG! AKU CINTA RANGGA!"
"nadddd..... Ayo seng genaah nadd"
"oiyoo sori mer, kekeselen aku haha."
"kangen ta nad?"
"iyoo haha"
"peluk dia dan bilang, fisika gampang!"
"buuhhh gak onok hubungane, gendeng iki"
"wahahahahaha"
penting sekali merubah mindset, karena kamu adalah apa yang kamu pikirkan.
sebuah soal yang emang susah dan kita pikir emang cek susahnya bahkan sebelum kita ngerjainnya, susahnya bakal berlipat lipat beneran kalo kita mikirnya gitu. Begitulah sabda betet, waktu aku cerita soal susahnya SBMPTN.

Perhatikan masalah teknis, sewaktu mau ujian, malemnya jangan lupa disiapin alat tulisnya. 2B. dan pensil pensil lain buat yang tes keterampilan. alas nulisnya. penghapus. rautan pensil. nomer ujian. pokok semua kelengkapan ujian harus disiapin malemnya biar pagi ndak gopoh. malemnya juga tidur lebih awal. trus sebelumnya juga udah ngecheck tempat ujiannya dimana. pake baju yang sopan, jangan datang terlambat dan jangan lupa ucap basmallah sebelum ngerjain soal. begitu kata kompasiana.

dan kesimpulannya, syarat bisa mengerjakan soal sbmptn adalah....
mengerti dasarnya, paham maksud soalnya dan paham rumus apa yang harus digunakan.

Gimana menurut kalian? bagus gak ceritanya? kalau adek-adek mau cerita dan kami post disini bisa menulis kemudian kirim lewat sini.