Tips Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik (TPA) SBMPTN

Tips Mengerjakan Soal Tes Potensi Akademik (TPA) SBMPTN 2014 - Metode pemeriksaan psikologi yang menggunakan alat-alat psikodiagnostik tertentu dan dipergunakan oleh para ahli yang sudah benar-benar terlatih untuk mengukur atau mengetahui berbagai hal tentang diri seseorang, baik dari segi kecerdasan, minat, sikap, dan struktur kepribadiannya. Dalam proses seleksi mahasiswa baru, tidak jarang metode dengan mengunakan ujian TPA juga digunakan oleh Universitas baik Negeri maupun swasta untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan kepribadian dari seorang calon mahasiswa, digunakan sebagai salah satu metode seleksi. Bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi tentang bagaimana Tip Mengerjakan Soal TPA baik itu cara mengerjakan deret angka dan lain sebagainya, maka informasi ini wajib untuk dibaca:

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis). Tes ini juga sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik ini juga identik dengan tes GRE (Graduate Record Examination) yang sudah menjadi standar internasional. TPA itu adalah Tes Potensi Akademik atau disebut juga TBS (Tes Bakat Skolastik) , intinya TPA itu terdiri dari 4 jenis kemampuan yaitu :

1. Verbal (sinonim, antonim, dan relasi verbal)
2. Penalaran Matematis (artimatika, geometri, perhitungan skala)
3. Analisa Pola ( pola barisan dan pola gambar )
4. Logika ( logika analitik, logika proporsi, dan diagram venn)

Tip Mengerjakan Soal TPA
Berikut Saran Mengerjakan Soal Intelegensi ketika menjalani tes TKD TPA SBMPTN

1. Percaya diri
Tanamkan rasa percaya diri yang kuat sebelum menghadapi atau mengerjakan soal tes.

2. Konsentrasi
Pusatkan pikiran pada saat mengerjakan tes dan lupakan segala sesuatu yang mengganggu pikiran, anda harus konsentrasi terhadap soal psikotes .

3. Cermat
Penyajian setiap angka, huruf, tanda baca (titik, koma, dan lain-lain), gambar, simbol, kata, kalimat harus Anda perhatikan dengan cermat, misalnya mana yang benar “negatif” atau “negatip”

4. Ketenangan
Ketegangan bukan berarti tidak bercanda atau berbisik-bisik, tetapi tenang pikiran dan jiwa, tidak ceroboh, tidak emosional.

5. Ketelitian
Anda akan menjumpai banyak angka, gambar, dan simbol yang satu sama lain bentuknya hampir sama yang kadang-kadang cukup membingungkan. Di sinilah ketelitian Anda diuji untuk menjawab soal.

6. Bekerja sendiri
Jangan sekali-kali mencontek orang lain. Kalau itu dilakukan, Anda akan kehilangan waktu. Pikirkan dan kerjakan sendiri sebisa mungkin.

7. Ikuti petunjuk
Ikutilah petunjuk dari penguji dan juga petunjuk dari soal Tanyakan pada penguji ketika ia memberi instruksi yang kura©ng anda pahami.

Seringlah berlatih dan mempelajari contoh soal TPA dan jawabannya untuk mempersiapkan diri anda dalam menghadapi tes ini, karena ini adalah merupakan suatu tahapan bagi anda di terima di suatu Universitas , baik Negeri maupun swasta.