Tips Mengerjakan Soal SBMPTN dan Lulus SBMPTN

Sudah siapkan anda untuk menghadai soal-soal SBMPTN tahun ini?? Sebelum menghadapi SBMPTN alangkah baiknya persiapkan tips-tips anda untuk menghadapi SBMPTN supaya bisa lulus dari SBMPTN tahun ini.

Dalam mengerjakan soal SBMPTN, Banyak siswa yang mengerjakan soal SBMPTN sebagaimana Ujian Nasional (UN) dan bahkan ulangan harian. Padahal diperlukan strategi dan teknik atau tips-tips khusus dalam mengerjakan soal SBMPTN terkait dengan jurusan PTN yang kita pilih.

Berikut tips mengerjakan soal SBMPTN pada Hari-H.
  1. Datanglah di lokasi SBMPTN 30 menit sebelum diperbolehkan masuk kelas oleh pengawas. Cek ulang perlengkapan alat tulis, kartu peserta dan lain-lainnya. Sempatkan diri ke kamar kecil untuk sekedar cuci muka atau buang air kecil
  2. Ketika pengawas sudah memperbolehkan Anda masuk kelas, cek terlebih dahulu meja tempat Anda ujian. Bila kotor atau basah, gunakanlah tisu untuk mengelapnya. Siapkan papan tulis kecil untuk menaruh lembar jawaban computer (LJK). Hindari menaruh LJK langsung di atas meja, untuk menghindari LJK kotor atau basah.
  3. Perhatikan selalu petunjuk dari pengawas. Jangan membuka soal dulu sebelum diperbolehkan pengawas.
  4. Hari pertama, Anda akan mengerjakan soal TPA terlebih dahulu. Untuk soal TPA, kerjakan terlebih dahulu soal-soal verbal (padanan kata dan lawan kata), kemudian soal penalaran (termasuk gambar) dan barulah soal kuantitatif. Ingat selalu perhatikan waktu, karena waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal TPA hanya 1 jam.
  5. Setelah TPA, Anda akan mengerjakan soal Kemampuan Dasar. Mulailah dari mengerjakan bidang studi Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris terlebih dulu yang relative lebih mudah baru mengerjakan soal Matematika. Khusus untuk Matematika, Anda jangan ngotot untuk menjawab semua soal, tapi prioritaskan soal-soal dengan topic yang relative mudah seperti peluang, matriks, persamaan kuadrat dan lain-lain. Ingat, waktu Anda cuma 90 menit.
  6. Pulang dari hari pertama, simpan soal TPA dan Kemampuan Dasar Anda baik-baik, tidak perlu dibahas dulu karena akan mengganggu psikologis Anda. Fokuslah untuk ujian hari kedua, yaitu Kemampuan IPA dan IPS (Sosial Humaniora).
  7. Untuk hari kedua, lakukanlah tips sama dengan hari pertama. Bagi Anda yang mengambil IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran), persiapkanlah fisik Anda dengan lebih baik karena Anda akan menjalani dua ujian berurutan.
  8. Jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah ujian supaya bisa Lulus SBMPTN.
Lulus SBMPTN

Ini ada tips keduanya:

Saat Test SBMPTN
  1. Perhatikan waktu yang diberikan dan atur pemanfaatan waktu sebaik-baiknya - Manajemen waktu adalah hal yang sangat penting, apalagi untuk mengerjakan test yang diberikan dengan waktu yang sangat terbatas. Mungkin ketika latihan kita bisa pas waktu dan dapat menjawabnya dengan benar. Namun, ketika test suasana menjadi berbeda. Usahakan latihan menjawab soal denagn alokasi waktu dibawah waktu SBMPTN.
  2. Gunakan alat tulis standart dan terbukti baik dari kualitas standart - Anda harus memastika terlebih dahulu alat tulis yang ingin anda bawa. Bawa setidaknya dua buah.
  3. Miliki mata pelajaran Andalan - Ini adalah senjata yang sangat ampuh jika anda tidak menguasai seluruh mata pelajaran. Kerjakan yang anda bisa terlebih dahulu.
  4. Jangan Menebak-nebak jawaban - Kerjakan soal yang anda anggap lebih mudah terlebih dahulu. Jika tidak menguasai disarankan jangan menebak-nebak jawaban. Terkecuali kalau tidak mengerti sama sekali, silahkan tebak-tebakan atau bahkan menghitung kancing baju atau menghitung kayu atap..wakakakaka
  5. Raihlah Nilai Komulatif Positif pada Masing-masing Pelajaran - Nilai komulatif adalah nilai nilai total masing-masing pelajaran. Jangan sampai nilai satu pelajaran anda bernilai negatif.

Pasca Test SBMPTN
  • Koreksi hasil kerjaan anda dirumah, evaluasi dan hitung nilai anda.
  • Boleh menggunakan daftar parkiraan passing grade sebagai acuannya.
  • Periksa apakah point anda sudah memenuhi point 2 diatas terhadap pilihan pertama.
  • Jika nilai anda jauh diatasnya, anda boleh berlega hati tetapi tetap berdo'a jangan sombong. Jika ternyata nilai anda pas-pasan terhadap pasing grade , banyaklah berdo'a dan siap-siap cari alternatif.
Semoga tips diatas bisa membantu anda untuk mengerjakan soal SBMPTN supaya bisa diterima dan lulus dari SBMPTN di tahun ini. Good Luck..!!!